Selasa, 06 Desember 2016

Landasan sosiologis pendidikan

  1. Landasan Sosiologis
Manusia  yang hidup berkelompok, sesuatu yang terjadi dengan yang lain sama halnya hewan,tetapi pengelompokan pada manusia lebih rumit dari pada hewan.pada wayan Ardhan hidup berkelompok pada hewan memiliki ciri:
  • Pembagian pada anggotanya
  • Ketergantungan pada anggota
  • Ada kerjasama  anggota
  • Komunikasi antar anggota
  • Dan adanya diskrimunasi antara individu satu denan yang lain dalam kelompok

  1. a.      Pengertian tentang landasan sosiologi
Dimana suatu proses interaksi antar dua individu,bahakan dua generasi dan memungkinkan generasi muda untuk mengembangkan diri.sehingga melahirkan cabang cabang sosiologi antara lain sosiologi pendidikan dan ruang lingkup yang di pelajari antara lain:
1)     Hubungan pendidikan dengan aspek masyarakat lain,yang mempelajari:
  • Fungsi pendidikan dalam kebudayaan
  • Hubungan sisitem pendidikan dan proses kontrol sosiala dengan sstem kekuasaan lain
  • Fungsi pendidikan dalam memelihara dan mendorong proses sosial dan perubahan kebudayaan
  • Hubungan antar kelas sosial
  • Fungsional pendidikan formal yang mencakup hubungan dengan ras,kebudayaam dan kelompok kelompok dalam masyarakat
2)      Hubungan kemanusiaan di sekolah yang meliputi:
  • Sifat  kebudayaan dalam sekolah yang khusus dan berbeda dengan kebudayaan di luar sekolah
  • Pola interaksi dan struktur masyarakat sekolah
3)      Pengaruh sekolah pada perilaku anggotanya,yang mempelajari:
  • Peranan sosial guru
  • Sifat  kepribadian guru
  • Pengaruh kepribadian guru terhadap tingkah laju sisiwa
  • Fungsi sosial sekolah pada sosialisasi anak anak
4)       Sekolah dalam komunitas,mempelajari pola interaksi antara sekolah dalam komunitasnya yang meliputi:
  • Pelukisan komunitas sekolah sepertti tampaknya dalam prganisasi sekolah
  • Analisis tentang proses pendidikan seperti tampak pada kaum sosila tak terpelajar
  • Hubungan antara sekolah dan komunitas dalam fungsi pendidikannya
  • Faktor faktor demografi dan ekologi dalam organisasi sekolah
Dalam keempat nidang di atas yang di pelajari untuk memahami pendidikan dalam masyarakat menurut Wayan ardhan.

  1. b.   Masyarakat indonesia sebagai landasan sosiologi sistem pendidikan nasional (sisdiknas)
Masyarakat sebagai kesatuan hidup memiliki ciri utama anatara lain:
  • Adanya interaksi antar warga warganya
  • Pola tingkah laku yang diatur adat istiadat,hukum dan norma yang berlaku
  • Adanya rasa identitas yang mengikat pada warganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar