Selasa, 20 Desember 2016

Sejarah Filsafat Ilmu

SEJARAH  FILSAFAT  ILMU

Sejarah Filsafat  ilmu tidak terlepas  dari priodisasi sejarah terdahulu yaitu sejak dari cara  berpikir yang sangat   sederhana hingga cara berfikir modern  zaman kemajuan ilmu pengetahuan modern yang  dikelompokkan kedalam beberapa  masa  yaitu :
  1. Zaman  prasejarah. Zaman prasejarah sering juga disebut  zaman batu tua atau  manusia  purba. Pada zaman ini manusia telah mampu menciptakan konsep tentang alat sebagai  perkakas untuk keperluan kehidupan manusia hal ini menunjukkan telah  ada pemikiran menuju arah  ilmu pengetahuan pada  masa ini manusia. Kemudian  pada masa ini mereka sudah mampu memelihara tanaman dan hewan liar  hingga menjadi hewan dan tanaman  yang kualitasnya sesuai serta memenuhi kebutuhan manusia.6
  2. Zaman sejarah. Zaman sejarah disebut juga dengan zaman batu muda atau zaman peradaban dan pertanian. Pada masa ini manusia ini manusia telah mempunyai  kemampuan menulis, membaca dan menghitung sehingga setiap peristiwa dapat dicatat  dan dapat memperkecil  kesalahan. Di zaman ini telah dapat  memasyarakatkan  pengetahuan  secara luas walaupun disampaikan lisan. Kemajuan pengetahuan terlihat pesat  dengan bukti lahirnya kerajaan-kerajaan besar seperti Mesir, Babilonia dan juga kerajaan-kerajaan lain yang lahir di India dan Cina. 
  3. Zaman logam. Zaman logam ini masuk kategori kebudayaan klasik. Pada masa ini perkembangan ilmu lebih pesat lagi, yaitu telah ditemukannya logam yang diolah sedemikian rupa menjadi sebuah perhiasan yang indah dan mahal harganya. Kemampuan yang tinggi, kemudian dipakai  untuk hal-hal diabadikan dalam bentuk patung yang sekarang  masih tersimpan dalam museum, bernilai artistik tinggi, misalnya patung nefertili, istri  raja Fir’aun di Mesir. 
  4. Zaman Yunani dan Romawi. Perkembangan know how di masa ini tingkatannya lebih  maju dari zaman sebelumnya. Pengetahuan empiris berdasarkan sikap receptive attitude mind, artinya bangsa Yunani  tidak dapat menerima empiris  secara  pasif reseptif karena mereka memiliki jiwa  an inquiring attitude
  5. Filsafat ilmu pada masa islam. Ilmu pengetahuan dan teknologi  lahir dari kandungan islam yaitu menemukan metode ilmiah menjadi kunci rahasia pembuka rahasia alam yang jadi perintis  modernisasi eropa dan Amerika. Percobaan-percobaan yang dilakukan dalam dunia islam mirip dengan percobaan trial  and erorr untuk membuat logam emas yang sangat berharga lahirlah metode kimia (alkimia) dan penemuan dalam kedokteran ialah salmak dari sini lahirlah pemikir – pemikir  dalam islam seperti Ibnu Sina Ibnu Rusd, al-Rasi.
  6. Filsafat ilmu pada  abad kegelapan, pada masa ini  bangsa Romawi lebih sibuk dengan masalah-masalah keagamaan yang terus mempelaari dosa dan bagaimana cara menghapuskannya. Bangsa Romawi pada masa ini tidak memperhatikan soal pengetahuan  dan soal duniawi  sehingga kerajaan romawi runtuh maka  masa ini dikenal sebagai  masa kegelapan. 
  7. Filsafat  ilmu pada abad ke 18 dan 19 . pada masa ini kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan  pada abad-abad berikutnya sangat menakjubkan, Ilmu pengetahuan empiris makin mendominasi ilmu pengetahuan. Penemuan-penemuan pada akhir abad 18  di dominasi oleh  pengetahuan dibidang fisika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar